Pacitan yang punya julukan “Kota Pariwisata” atau “Kota Seribu Goa” mempunyai keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Sebagian besar wilayahnya mempunyai kontur tanah yang berbukit-bukit karena masih bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Hal ini membuat suasana di Pacitan masih sejuk baik pagi maupun malam hari.

Selain terkenal sebagai kota dengan banyak goa, Pacitan juga terkenal dengan tempat wisata pantainya. Banyak pantai disini yang akan memanjakan kamu dengan keindahan dan keunikannya. Tidak hanya indah namun masih banyak pantai disini yang termasuk hidden gem yang belum banyak dikunjungi oleh orang-orang. Berikut adalah 3 pantai dengan pesona keindahannya yang luar biasa menurut saya.

  1. Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Pacitan. Kamu dapat menemukan 2 tebing yang menjulang di pantai ini. Selain itu disisi timur terdapat celah batu karang yang jika terkena ombak sebagian airnya masuk ke bawah batu lalu menyembur ke atas seperti sebuah air mancur. Penduduk setempat juga mengatakan air mancur ini akan disertai suara mirip siulan yang sering disebut sebagai Seruling Laut oleh penduduk setempat. Untuk pergi ke sisi sebelah timur ini harus dengan kondisi ombak yang tidak pasang karena jika pada waktu pasang maka tempatnya ini akan ditutup oleh pengelola pantai.

Selain itu Pantai Klayar mempunyai bukit di sebelah timur yang dari situ kamu dapat melihat view pemandangan Pantai Klayar dari atas serta kamu juga dapat melihat hamparan pasir putih di pantai ini.

Harga Tiket Masuk : IDR 10 K / orang

  1. Pantai Karang Bolong

Inilah salah satu hidden gem terindah yang pernah saya lihat sejauh ini. Lokasinya dekat dengan Pantai Klayar, hanya 8 menit. Pantai ini dinamakan Karang Bolong karena salah satu tebing yang ada di bagian baratnya mempunyai lubang di tengahnya.

Di pantai ini kamu dapat menikmati sunrise dan sunset karena permukaannya yang datar dan luas, selain itu rerumputan hijau juga akan meningkatkan mood kamu untuk ngecamp jika berada disini.

Lokasi ini didominasi oleh tebing sehingga tidak seperti ekspektasi kamu tentang pantai pada umumnnya yang mempunyai pasir putih, namun pemandangan disini benar-benar indah dan akan jadi salah satu pengalaman terbaik kamu ke pantai yang memiliki tebing yang unik.

Harga tiket masuk : – (Satu pintu dengan tiket retribusi Pantai Klayar)

  1. Pantai Srau

Salah satu dari beberapa pantai di Indonesia yang punya barisan pohon kelapa di jalannya, kamu akan menemuinya saat memasuki kompleks pantai ditambah dengan hamparan pasir putih di pantai ini. Berjarak sekitar 25 km dari kota Pacitan yang harus dilalui melewati daerah perbukitan sehingga akan membuat perjalananmu cukup berliku dan menanjak.

Kompleks Pantai Srau cukup luas dimana setidaknya terdapat 3 daerah pantai yang terpisah di pantai ini. Daerah yang pertama adalah tempat dimana jejeran pohon kelapa dan pasir pantai yang putih, daerah yang kedua dan ketiga tidak jauh beda dimana kamu akan menemui pasir putih yg terbentang luas. Dengan daerahnya yang luas ini tidak jarang kamu akan menemui kelompok-kelompok yang memasang tenda untuk nge-camp di pantai ini.

Harga tiket masuk : IDR 5 K / orang